Menulis Tak Selalu Menyenangkan

w8qqn1pmqh0-ben-white
Picture by Ben White from unsplash.com

Saya senang menulis. Tapi tidak semua kegiatan menulis itu menyenangkan, jadi kadang saya benci menulis. Kegiatan menulis yang tidak menyenangkan untuk saya, yaitu saat saya menulis untuk orang lain, menulis dengan beban ekspektasi orang lain.

Ya, saat ini saya sedang menulis suatu tugas akhir akademik untuk mendapat gelar tambahan. Dalam prosesnya, saya dibuat membenci tulisan dan otak saya sendiri. Ternyata apa yang saya tulis dan yang saya sampaikan tidak sesuai ekspektasi para “juri” dan draf tulisan saya dibanting ke sana kemari. Hal ini membuat saya sempat jatuh mental dan tidak mau lanjut menulis tugas akhir tersebut untuk beberapa bulan.

Selama beberapa bulan absen, saya banyak membaca buku dan referensi untuk memperbaiki kesalahan saya. Meski takut, akhirnya saya mulai lagi proses menulis tugas akhir itu dengan pengetahuan yang agak mutakhir. Bukan karena ada motivasi lain, tapi semata-mata karena takut kena D.O dan semua biaya pendidikan terbuang sia-sia. Tetap saja, menulis jadi kegiatan yang tidak nyaman.

Saya membuat blog ini dengan harapan bisa kembali menyukai proses menulis itu sendiri, terlepas dari itu tulisan akademik, tulisan bebas, tulisan sampah dan tulisan lainnya. Saya ingin menulis tanpa kekangan di sini, tanpa memikirkan gelar tambahan yang ingin saya raih. Nothing to loose. Itu saja.

Leave a Reply

